Probosutedjo Pernah Bilang Banyak Orang Tak Percaya Statusnya sebagai 'Adik'Pak Harto

Probosutedjo Pernah Bilang Banyak Orang Tak Percaya Statusnya sebagai 'Adik'Pak Harto

BandarJudiQQ

ProbosuteDjo di lahirkan di Desa Kemesuk,Yogyakarta,Jawa Tengah,Pada Tanggal 1 Mei 1930.Beliau adalah anak kelima dari delapan kaka beradik.Bapaknya bernama Atmoprawiro dan ibunya bernama Soekirah.Berikut penuturan Probostedjo soal Soeharto."Kita sebenarnya punya kakak satu lagi.Ya Mas Harto itu.Ibu bilang begitu.Itu kalimat kakak saya yang nomor tiga,Mbakyu Basirah,yang masih saya ingat betul hingga kini.

Kalimat itu terucap pada tahun 1936,saat berusia saya 6 tahun.Ucapan mabkyu saya memancing kening berkerut.Setahu saya itu, Kakak saya hanya tiga orang.Sukiyem yang sudah almarhum,Sucipto,dan Basriah sendiri.Mana ada seorang kakak lagi?Saya tidak pernah melihat ada di rumah ,"Mas Harto?" saya mengulang pertanyaan dengan lugu.Pikiran kanak-kanak saya segera menjelajah.Berusaha mengetahui siapa pemilik nama itu.

"Yang kadang mampir kerumah kita itu loh.Yang dari Wuryantoro,"kata Mbakyu Basirah lagi,mencoba mengingatkan saya.Saya masih tidak bisa membayangkan wajah siapa pun.Waktu kemudian bergulir.Dan akhirnya sosok itu datang lagi kerumah kami di Kemusuk.Perlahan-lahan saya bisa mengingat itu bahwa dia memang pernah kerumah kami,tapi jarang sekali.Seorang remaja yang cakap,berwajah bulat ramah,dengan mata agak sipit,dan hidung yang bangir.Jika tertawa,matanya bertambah kecil.Namun,selama itu saya tak pernah tahu dia kakak kandung saya.

"Jadi dia kakak kita?"Saya mencari keyakinan pada Mbakyu Basirah."Ya,Mas Harto,"Basirah mengangguk."Dilahirkan Ibu,sebelum ibu menikah lagi dengan Bapak."Saya mengangguk -angguk.Itulah awal pengenalan saya pada sosok Soeharto,atau yang saya panggil Mas Harto.tidak saya duga sama sekali,saudara kansung yang "terlambat"hadir dalam hidup saya ini kelak justru menjadi saudara dekat .Teramat deket.Kenyataan Mas harto adalah saudara satu perut,Pada masa kecil hanya saya atikan sebagai kenyataan yang membuat saya riang.

Pasalnya,dia memang seorang pemuda yang baik dan mengayomi anak-anak kecil.Saya tak pernah mengira bahwa berpuluh-puluh tahun kemudian,pemberitahuan Mbakyu Basirah itu menjadi  agenda serius yang harus saya uraikan dengan begitu detail.Yakni,Ketika orang-orang meragukan saya sebagai adik Mas Harto.Rumor yang menyebutkan saya saudara titi Mas Harto menjadi satu dari rekan sekian banyak kontroversi yang berkobar-kobar selama masa pemerintahan kakak saya di Bumi Pertiwi ini.

Banyak orang menyangsingkan status saya sebagai adik Mas Harto.Berbagai suara menyebutkan hanya saudara jauh.Atau,Bahkan ada yang mengatakan saya tidak lebih dari saudara tiri yang tak ada hubungan sedarah sama sekali.Malah ada juga yang menduga,jangan-jangan saya malah bukan siapa-siapanya Mas Harto.Menghadapi pernyataan-pernyataan itu,saya selalu hanya tersenyum.Mas Harto,Atau Soeharto,Presiden RI ke-2,adalah saudara kandung.

Anak yang terlahir dari rahim ibu yang juga mengandung saya.Seseorang yang bukan saja menjadi deket fisik,tapi juga batin.Kami adalah dua orang dengan perbedaan karakter yang sangat jelas.Mas Harto adalah batu karang yang kukuh dan diam.Saya adalah gelombang yang menghempas-hempas.Namun,dasar nurani kami memiliki warna yang nyaris sama.Sebelum saya berkisah tentang bagaimana rapatnya hubungan saya dengan Mas Harto,saya merasa perlu mengurai silsilah saya.Siapa leluhur saya, dan bagaimana kultur yang mengembangkan saya,saudara-saudara saya,termasuk Mas Harto.

Sebuah wadah awal kehidupan berhasil"menggodok"kami menjadi pribadi-pribadi dengan keyakinan pada karakter diri,dan selalu teguh mengarah langkah dalam kondisi sesulit apa pun.Orang tua dan buadaya masa kecil kami mengajarkan bagaimana pikiran hati kedua kaki dan sepasang tangan kami harus bergerak mengiringi melodi kehidupan.Susa,senang,diatas,diibawah,kami harus menjadi orang-orang yang menghargai kehidupan.Kami adalah anak-anak msusun.Wong ndeso.Tapi tidak ndesani.,

Comments

Popular posts from this blog

Surati Jokowi,Petani Minta Presiden Lihat Langsung Konflik Lahan Sawit Way Kanan

Dikenal Cantik dan Bersuara Merdu,Jangan Kaget Lihat Rara LIDA Tanpa Make Up,Ini Foto-Fotonya!